Belajar Mengetahui Apa Itu Hosting dan Domain Lengkap Dengan Segala Perbedaannya!

Membutuhkan informasi tambahan tentang apa itu hosting dan domain serta perbedaan mendasarnya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini dengan seksama.

Ketika memiliki sebuah website, sangatlah penting untuk mengetahui semua perangkat yang mendukungnya. Dari semua hal tersebut, mengetahui apa itu hosting dan domain adalah hal terpenting untuk diketahui. Karena kedua perangkat inilah yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah website dan membuat website bergerak dengan baik. Karenanya, sudahkah Anda mengetahui pengertian dari hosting dan domain tersebut? Jika belum, jangan lewatkan kesempatan dengan membaca artikel ini.

Mengetahui Apa Itu Hosting dan Domain

Banyak orang yang telah menggunakan perangkat ini, namun tidak mengetahui apa perbedaan dari keduanya. Hingga akhirnya, seringakali terjadi kesalahan pengucapan dari kedua perangkat. Untuk mengetahui informasi lebih jelasnya, sebaiknya lanjutkan membaca informasi ini. Adapun domain adalah sebuah alamat dari website tersebut. Jadi, saat akan menuju tempat ini Anda membutuhkannya. Sehingga dapat tiba ditempat tujuan tanpa kesalahan alamat ataupun tersasar sebelumnya.

Itulah yang dimaksud dengan domain, lantas apakah yang dimaksud dengan hosting? Secara simplenya hosting adalah media penyimpanan untuk menyimpan data-data terkait website. Disini pula, terjadinya akses untuk menuju ke website. Jadi, jika website mengalami masalah, mungkin saja terjadi masalah pada hosting website. Karenanya, penting untuk memilih hosting dengan cara yang tepat. Sehingga dapatkan hosting yang memiliki kualitas terbaik.

Perbedaan Hosting dan Domain

Setelah mengetahui tentang apa itu hosting dan domain, berikutnya penting untuk mengetahui apakah perbedaan dari keduanya. Walaupun sudah disampaikan sebelumnya, bahwa keduanya memiliki perbedaan mendasar. Berikut informasinya,

  1. Hosting Merupakan Tempat

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, hosting merupakan tempat atau wadah. Wadah yang digunakan untuk menyimpan data-data dari website. Jadi, setiap coding yang dibutuhkan dimasukkan pada tempat ini dan tersimpan dengan rapi. Tentunya sangat berbeda dengan domain, karena domain adalah alamat.

 

  1. Domain Merupakan Identitas

Berbeda dengan hosting, domain merupakan identitas penting dari sebuah website. Dari sini, konsumen akan mengetahui apa content yang ingin disampaikan oleh pemilik website. Sedangkan hosting, tidak banyak orang yang mempertanyakannya. Asalkan ketika website digunakan tidak menimbulkan masalah ataupun buffering dengan waktu yang panjang.

 

  1. Hosting Dapat Dipindahkan

Hal yang satu ini dapat dilakukan, jika Anda menggunakan hosting sewaan untuk website. Dimana, dapat dilakukan pemilihan hosting sesuai dengan kebutuhan. Jika website tidak banyak didatangi pengunjung, maka hosting pinjaman dapat dijadikan pilihan. Sedangkan, bila pengunjung sudah ramai maka hosting pribadi cocok untuk dimilikki. Jika dana tidak ada maka pilihlah hosting yang lebih besar.

 

Seperti yang dijelaskan, bahwa hosting dapat dipindahkan. Sedangkan domain, akan sangat sulit untuk dipindahkan terlebih diganti. Hal inilah yang perlu diperhatikan, agar tidak terjadi kesamaan domain dengan perusahaan lainnya. Sehingga Anda tidak kesulitan saat menemukan domain yang sama buatlah domain yang memiliki ciri khas. Dan memiliki isi tentang produk ataupun content yang ditawarkan.

 

  1. Domain Dapat Disesuaikan dengan Jenis Website

Inilah keunikan dari sebuah domain, dimana domain yang digunakan dapat disesuaikan dengan jenis website. Artinya, jika website merupakan perusahaan terdapat domain-domain khusus yang dapat digunakan. Begitu pula sebuah kantor pemerintahan ataupun kegunaan lain. Hal ini perlu diperhatikan, agar penikmat dunia digital mengetahui layanan yang akan Anda berikan. Ingin memiliki domain khusus yang memikat pengguna internet agar mengunjungi situs Anda? Pesan sekarang juga lewat Domainesia.

Masih kurang puas dengan penjelasan di atas? Jika iya, maka carilah referensi lain terkait apa itu hosting dan domain dengan lebih detail. Sehingga diketahui apa saja yang harus dipersiapkan untuk menggunakan keduanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *